Skip to main content

Inilah 7 Tempat Wisata Curug (Air Terjun) yang ada di Purwakarta

Air terjun atau biasa di sebut curug (Bahasa sunda) ini memang menjadi destinasi wisata alam yang populer.

    Letaknya yang menyatu dengan alam membuat orang-orang ingin pergi kesana entah itu buat hiburan, rekreasi, piknik atau pun hanya ingin berfoto-foto saja.

    Inilah daftar Curug atau air terjun di  Purwakarta, antara lain:

    1. Curug Cipurut

    Tempat wisata yang sangat populer  kali ini yaitu Curug Cipurut. Curug ini merupakan tempat paling eksostis di Purwakarta. Salah satu kelebihannya yaitu Pemandangannya yang indah, bisa berkemah, dan air terjun yang sejuk tentunya. Harga tiket masuk Curug Cipurut Rp. 3000 (Dulu- 2016) dan sekrang Rp.5000 (2017-Sekarang).
    Baca Pengalaman Saya : 

    2. Curug Suhada

    Obyek Wisata Curug Suhada adalah salah satu tempat wisata yang berada di Sindanglaya, Sukatani, Kab. Purwakarta, Jawa Barat 41167, Indonesia. 

    Obyek  wisata imi memang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

    Obyek Wisata Curug Suhada ini juga memiliki keindahan alam yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota purwakarta  tidak mengunjungi wisata alam yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

    Obyek Wisata Curug Suhada di Sukatani Purwakarta Jawa Barat memiliki aliran air terjunnya yang memesona, sajian tebingnya menghidangkan sajian alam nan eksotis fitambah gemercik air yang membuat telinga serasa membludak.

    Tebing air terjun panjannya sendiri memiliki ketinggian kira-kira 7 meteran. Aliran air di curug ini juga termasuk bersahabat. Semua wisatawan dapat merasakan sensasi berbasah-basahan dibawah aliran air atau di kolamnya.

    Tetapi, untuk beberapa wisatawan, terlebih golongan muda, Curug Suhada umum jadi spot selfie favorit (Namanya juga Anak Muda). 

    Curug Suhada di Sukatani Purwakarta bisa di jangkau dengan memakai kendaraan  pribadi seperti : Mobil atau sepeda motor. Anda bisa meminta panduan arah ke  Obyek Wisata Curug Suhada di Sukatani Purwakarta lewat  google maps yang terpasang di smartphone anda. Karena memakai kendaraan pribadi akan lebih menyenangkan dari pada memakai kendaraan umum.

    3. Curug Tilu

    Salah satu daerah yang sangat potensial dalam urusan wisata yaitu kecamatan Sukasari, terutama dalam keindahan alam. Gunung-gunungnya yang menjulang tinggi serta panorama alam yang indah dan masih asri di wilayah itu. Kawasan ini pun terus digenjot untuk dijadikan tujuan wisata.

    Bagi anak-anak remaja, ada lokasi yang sering dijadikan lokasi camping, seperti Tampian (Pelabuhan) Perahu di Cilipa Desa Sukasari, yang lokasinya berada di tepi Waduk Jatiluhur. Lokasi wisata alam alam lainnya yang ada di Kecamatan Sukasari ada Curug Jayanti (Kampung Cisaat, Desa Sukasari), Curug Tilu (Desa Kertamanah/Gunung Buleud), dan CurugCikanyayan. Namun dari ketiga curug diatas Salah satu tempat wisata yang kini makin ngehits adalah Curug Tilu.

    Objek wisata air terjun ini berlokasi di Kampung Ciririp, Desa Kertamanah, Kecamatan Sukasari, Purwakarta. Nama Curug Tilu memang seperti nama umum di Jawa Barat. Nama Curug Tilu juga terdapat di kawasan Parongpong Bandung Utara dan kawasan Ciwidey atau disebut curug tilu leuwi opat.

    Untuk jalur tujuannya anda bisa mencarinya di Google Map ataupun sember lain.

    5. Curug Cijalu

    Curug cijalu
    Curug Cijalu

    Curug cijalu ini merupakan tempat paling hits setelah cipurut. Dulunya curug ini bernama Curug Cikondang namun setelah itu diganti menjadi curug cijalu.

    Curug ini letaknya di perbatasan Purwakarta-Subang jadi banyak orang yang mengatakan curug ini terletak di purwakarta dan juga terletak di subang.

    Lokasi Curug Sebenarnya: Terletak di Ds. Cipancar, Kec. Sagala Herang,Kab. Subang, PropinsiJawa Barat.
    Peta dan Koordinat GPS:-6┬░ 42′ 43.00″, +107┬░ 35′ 49.00″

    Aksesbilitas:
    Berjarak 37 Km dari kota Subang ke arah Selatan (1 jam perjalanan) atau sekitar 50 km dari Kota Bandung ke arah utara (1,5 jam perjalanan). Sekain itu juga dapat dicapai melalui Purwakarta kurang lebih 25 km ke arah Wanayasa. Kondisi jalan, umumnya beraspal dan hanya sebagian kecil yang masih berupa jalan batu, dapat dilalui oleh motor ataupun mobil.

    Jika dari arah Wanayasa (di jalan raya yang menghubungkan Subang dan Purwakarta) sekitar 5 km setelah pasar Wanayasa, tepatnya di pangkalan ojek Kampung Legok Barong, Ds. Pusakamulya, Kec. Kiarapedes ambil belokan kanan memasuki jalan desa ke arah Desa Cipancar. Jarak Curug Cijalu ini dari pangkalan ojek tersebut sekitar 4 km.

    Jalan masuk ke curug ini sudah ditandai plang dan petunjuk arah yang jelas. Kondisi jalan masuk ini sudah beraspal meski dibeberapa bagian sudah mulai banyak terkelupas.Bagi yang menggunakan kendaraan umum dari Purwakarta naik angkot 01 jurusan Pasar Rebo. Selanjutnya dari Pasar Rebo ini disambung dengan elf jurusan Wanayasa. Turun di Pasar Wanayasa.

    Selanjutnya dari pasar tersebut perjalananditeruskan dengan naik ojek atau colt carteran (omprengan) hingga ke pintu gerbang I Taman Wisata Alam Curug Cijalu. Ongkos ojek sekitar Rp 15000 hingga 20000 per orang. Setelah membayar ongkos masuk di pintu gerbang I, perjalanan diteruskan menuju pintu gerbang II dengan melewati jalan yang kondisi aspalnya banyak terkelupas, sempit dan mananjak. Jarak dari pintu gerbang I ke II sekitar 3 km jauhnya.

    Selanjutnya untuk menuju ke lokasi curug masih harus berjalan kaki sekitar 300 m melewati area bumi prkemahan dan jalan batu bertangga-tangga dari pintu gerbang II tersebut.

    Untuk Harga Tiket Masuk (HTM) Curug Cijalu ini sebesar Rp. 8.000 harga ini bisa berbah kapan saja

    6. Curug Ponggang

    Curug ponggang ini berada di antara perbatasan purwakarta dan subang. Saat sobat hits mampir ke curug ponggang, maka akan disambut dengan Suara gemuruh air menimpa batu.

    Sumber air curug ponggang ini berasal dari ungai Cilamaya Dulu sih pas kesana air terjung ponggang ini memiliki debit air yang besar,Dan sensasi sejuk dapat dirasakan saat berbasahan di airnya.

    Curug ini sempat Hits tahun 2002 – 2005 , 3 tahun berturut-turut.

    7. Curug Cilamaya

    Curug Cilamaya Oke. #purwakartakeren #purwakarta #wisata #wisataalm #repost

    A post shared by Purwakarta Oke (Banget) (@purwakarta_oke) on

    Itulah ke 7 Curug yang ada di Kabupayen Purwakarta. Semoga bermanfaat.

    Fajar Blogger Cidahu

    Nama saya Fajar dan saya adalah pengurus sekaligus penulis di blog ini. Semoga apa yang saya bagikan bisa bermanfaat untuk kalian semua.

    One thought to “Inilah 7 Tempat Wisata Curug (Air Terjun) yang ada di Purwakarta”

    1. Terima kasih telah berbagi informasi yang sangat baik. Situs Anda sangat keren. Saya terkesan dengan detail yang ada di situs ini. Ini menunjukkan betapa Anda memahami subjek ini dengan baik. Ditandai halaman situs ini.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *