Home / Blog / Inilah 8 Jenis Artikel yang di Posting dalam Blog
Jenis Artikel

Inilah 8 Jenis Artikel yang di Posting dalam Blog

Jenis Artikel Blog

Ada berbagai jenis artikel yang di posting dalam blog. Terkadang kita sebagai pembaca tidak tahu jenis artikel apa yang mereka baca. Padahal artikel yang di posting itu ada jenis-jenis nya.

Nah dalam artikel saya akan mengulas berbagai jenis postingan blog. Mari simak baik-baik.

1. Artikel Jenis TUTORIAL/PANDUAN

Jenis postingan artikel yang pertama adalah tutorial atau Panduan. Posting tutorial digunakan oleh si blogger untuk memandu pembaca dalam melakukan sesuatu.

Biasanya dalam artikel jenis ini si penulis sudah mengetahui tentang apa yang mereka bagikan. Jadi kalau anda ingin membuat artikel berjenis ini maka anda harus menguasai apa yang ingin anda bagikan.

Misalkan anda ingin membuat artikel tentang “Cara membuat blog dalam 20 menit”

Apakah anda sendiri tahu cara membuat blog?

Jika tidak tahu…

Bagaimana anda bisa meyakinkan pembaca kalau artikel anda bisa bermanfaat buat mereka

Intinya anda harus mahir tentang apa yang ingin anda bagikan kepada si pembaca.

2. Artikel Jenis Unik, Fakta Menarik dan Mengejutkan

Ini merupakan Artikel yang mengundang rasa ingin tahu pembaca.

jenis ini memiliki pembacanya sendiri, biasanya berita-berita yang unik kemudian fakta-fakta yang mencengangkan akan sangat diminati oleh para penggemar berita tersebut.

Tetapi kekurangan artikel ini orang akan jarang mencari sumber berita tersebut di Mesin pencari oleh karena itu kita harus memanfaatkan sosial media untuk mempromosikan artikel kita.

Jika kita manfaatkan media sosial dengan semaksimal mungkin maka akan bisa mendulang pemirsa yang sangat banyak. Saya sering melihat artikel-artikel dengan judul yang unik dan juga isinya menarik.

3. Artikel Jenis CERITA

Tipe posting yang kedua adalah berjenis seperti cerita. Melalui posting ini, blogger menampilkan kisah/cerita tentang sesuatu. Misalkan cerita tentang keberhasilan si blogger. Tipe posting ini cocok digunakan kalau kita ingin membuat tulisan yang inspiratif atau bermanfaat bagi pembaca.

Sebagai blogger, Anda bisa menceritakan pengalaman Anda untuk jadi bahan pembelajaran bagi pembaca. Entah itu pengalaman sukses ataupun pengalaman gagal. Contoh jika blog Anda tentang fotografi, Anda bisa bercerita tentang keberhasilan Anda mendapatkan klien-klien awal dalam bidang fotografi.

Selain menceritakan pengalaman pribadi, tipe posting ini juga bisa berupa kisah orang lain, wawancara dengan tokoh tertentu, studi kasus, ataupun autobiografi Anda sendiri.

4. Artikel Jenis STUDI KASUS

Tipe posting yang ketiga adalah studi kasus. Dalam posting ini, blogger akan memberikan sebuah studi kasus yang dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran bagi pembaca blognya.

Misalkan jika Anda punya blog tentang bisnis, Anda bisa mebagikan studi kasus salah satu bisnis yang Anda bangun. Anda dapat menuliskan proses Anda membangun bisnis, tahap-tahap yang Anda lalui, sampai ke teknik-teknik bisnis yang Anda gunakan. Dengan sharingstudi kasus, pembaca bisa belajar dari pengalaman Anda.

Posting jenis studi kasus menarik untuk ditambahkan di blog. Hadirnya posting jenis ini akan memperkaya variasi konten blog Anda.

5. Artikel Jenis ESSAI/OPINI

Jenis postingan artikel yang ke-5 adalah essai. Essai merupakan tulisan yang menggambarkan opini penulis tentang suatu hal. Esai berisi opini pribadi. Dalam esai, opini si penulis sangat ditonjolkan. Biasanya, jenis artikel seperti ini banyak ditemui di blog-blog pribadi.

Lantas apa beda artikel dan esai? Artikel merupakan tulisan faktual dan lebih objektif, meskipun juga ada opini si penulis di dalamnya. Ciri paling utama yang membedakan antara esai dan artikel adalah penggunaan kata ganti orang (seperti saya/aku). Dalam esai, adalah wajar ketika seorang penulis menyebut dirinya saya/aku. Sedangkan dalam artikel, penulis biasanya tidak menyebut dirinya. Ia lebih banyak menyajikan fakta-fakta atau argumentasi yang logis.

Contoh esai dalam sebuah blog misalnya Anda menulis tulisan yang berisi opini Anda tentang suatu hal, misalkan game android terbaik atau tentang tempat wisata terbaik. Dalam tulisan tersebut anda pasti mengeluarkan pendapat anda tenatang game yang memang terbaik yang pernah anda mainin dan juga tempat wisata keren yang pernah anda kunjungi..

Essai juga merupakan artikel yang memang suka mengkritik, suka membanding-bandingkan, membeda-bedakan , atau hal lain yang bersifat opini. Maka dari itu, jika Anda ingin mengkritik sesuatu atau memberikan opini tentang suatu hal, Anda bisa menyampaikannya melalui esai yang Anda posting di blog.

6. Artikel Jenis LAPORAN/BERITA

Tipe posting yang ke-6 adalah tipe berita. Intinya, melalui posting ini blogger menyampaikan sebuah berita/pemberitahuan kepada pembaca.Misalkan blog Anda topiknya seputar review buku novel. Lalu di blog tersebut Anda memposting informasi bahwa bulan depan, penulis favorit Anda akan me-launching novelterbarunya. Nah posting yang Anda buat tadi sudah termasuk posting tipe berita.

Contoh lain, misalkan blog Anda tentang Facebook marketing. Lalu suatu hari Facebook menambahkan fitur baru di website mereka. Nah, jika posting Anda menginformasikan tentang fitur baru dari Facebook tadi, posting tersebut sudah termasuk posting tipe berita.

7. Artikel Jenis DEFINISI

Tipe berikutnya adalah tipe posting definisi. Dalam posting jenis ini, blogger bertujuan memberikan definisi mengenai suatu hal.

Misalkan Anda menulis posting tentang apa itu blog. Dalam posting tersebut, Anda menjelaskan tentang pengertian dari blog tersebut dan bagaimana asal-usulnya. Nah, informasi yang tadi Anda sampaikan bertujuan untuk memberikan gambaran kepada pembaca tentang blog tersebut.

Dengan demikian, jika sebelumnya pembaca tidak tahu apa itu blog, setelah mereka baca tulisan Anda, mereka jadi tahu tentang blog.

Tipe posting ini juga bisa Anda hadirkan di blog. Intinya, melalui tulisan tersebut, Anda hendak mendefinisikan sesuatu kepada pembaca.

8. Artikel Jenis WAWANCARA

Tipe posting yang ke-8 adalah tipe posting wawancara. Dalam posting ini, blogger menampilkan hasil wawancaranya dengan suatu tokoh/figur. Misalkan blog Anda tentang bisnis. Nah, Anda bisa menulis posting yang isinya hasil wawancara Anda dengan para pembisnis yang sudah sukses, misalkan dengan syafii efendi.

Posting jenis ini sangat bermanfaar sekali karena memberikan inspirasi bagi pembaca. Anda dapat mewawancarai orang-orang yang andal/ahli/sudah sukses di bidang blog Anda. Selanjutnya hasil wawancara tadi Anda sampaikan dalam bentuk tulisan di blog.

Yaaa, itulah delapan jenis posting blog. Dari sekian banyak posting tadi, Anda dapat memfokuskan pilihan pada beberapa tipe posting saja.

Selamat berkarya, perbanyak tuisan Anda di blog, dan happy blogging

Advertisements

About Fajar Bahari

Saya adalah seorang siswa, blogger, dan editor yang saat ini tinggal di Purwakarta, Indonesia. Saya suka jalan-jalan dan juga menulis artikel.Saya juga tertarik dalam pemrograman dan kewirausahaan. Jika Anda ingin berhubungan atau mengobrol dengan saya, jangan ragu untuk menyapa saya melalui akun sosial media di bawah ini.

Check Also

Cara Membuat Judul Artikel Yang Unik dan Menarik

Judul merupakan bagian terpenting pada blog anda. Dengan membuat judul yang unik dan menarik anda …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *